FESTIVAL KESENIAN YOGYAKARTA KE-25, 2013

Visited 614 times , 1 Visits today

Start Date: June 25, 2013
End Date: July 5, 2013

Get Direction View Large Map

Description

Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) adalah event seni budaya yang telah berkiprah selama 24 tahun dan pada tahun 2013, FKY kembali menggelar perhelatan seni budaya terbesar di Jogja untuk yang ke-25.

Pada penyelenggaraan ke-25 atau Tahun Perak, FKY mengusung tema “Rekreasi”, yang mengacu pada dua makna, yakni Rekreasi atau yang secara harfiah berarti berkreasi kembali, disamping Rekreasi yang dipahami secara umum sebagai kegiatan berwisata agar mendapatkan penyegaran sebelum kembali kepada rutinitas.

Dengan mengusung tema Rekreasi, diharapkan bahwa kesenian bisa semakin dekat dengan masyarakat Yogyakarta, dimaknai dan dirasakan secara sederhana, ringan dan segar.

Melihat ruh Yogyakarta ada pada pendidikan, budaya dan kesenian maka layak apabila kesenian diposisikan pada tingkat kebutuhan primer. Atas telaah yang lebih luas bahwa roda perekonomian, pembangunan, dan sosial di Yogyakarta digerakkan atas kerja poros-poros pendidikan, budaya dan seni, maka FKY memilih Anyaman sebagai Identitas.

Anyaman yang terbentuk dari lusi dan pakan agar saling menguatkan satu sama lain sehingga dapat berfungsi sebagai tempat. Hal tersebut menyimbolkan serta mengharapkan bahwa potensi-potensi yang ada di Yogyakarta dapat bersinegi agar saling menguatkan.

Seperempat Abad Festival Kesenian Yogyakarta yang diselenggarakan mulai 25 Juni hingga 5 Juli 2013, dipusatkan di Kompleks Pasar Ngasem, kawasan yang dikenal sebagai kompleks Segaran Taman Sari, dan bekas lokasi pasar burung tradisional yang legendaris.

Sumber:RRIjogja

 

Let me know about the event.

Bookmark and Share facebook twitter

Event categories: Festival Seni & Budaya.

Your Review

You must be logged in to post a comment.

Related Events