Festival Bakar Tongkang

Visited 1147 times , 1 Visits today

Start Date: June 3, 2013
End Date: June 5, 2013

Get Direction View Large Map

Description

Festival Bakar Tongkang merupakan acara tahunan terbesar di Riau.  Festival ini dilakukan oleh masyarakat Tionghoa di Riau untuk memperingati kehadiran masyarakat Tionghoa ke tanah Bagansiapiapi tahun 1820.

Pembakaran tongkang menandakan tekad mereka untuk tidak kembali ke tanah leluhur dan mengembangkan diri di Bagansiapiapi. Ritual ini telah diselenggarakan di Kota Ikan (Bagansiapiapi) sejak tahun 1878, atau sudah berlangsung sejak 134 tahun silam. Pada zaman orba sempat dilarang tetapi kemudian diaktifkan kembali di era Gus Dur.

Sedianya Upacara Bakar Tongkang akan diadakan tanggal 3-5 Juni atau pertengahan bulan juni di Bagan Siapiapi, Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau. Acara  ditandai dengan sembahyang di kelenteng Ing Hok Kiong yang merupakan kelenteng tertua di sana dan dilanjutkan dengan arak-arakan ke tempat pembakaran pada hari berikutnya. Arak-arakan biasanya disertai puluhan ribu warga yang memegang hio, puluhan medium,  dan marching band dari perwakilan sekolah-sekolah di Bagansiapiapi.

Let me know about the event.

Bookmark and Share facebook twitter

Event categories: Festival Seni & Budaya.

1 Comment

  1. Meilisa 403 days

    Yang benar tahun ini dari tanggal 22 Juni – 24 Juni 2013..


Your Review

You must be logged in to post a comment.

Related Events